Jumat, 14 Agustus 2009

Batupun bisa jadi tulisan

Anda pasti pusing bagaimana bisa batu bisa menjadi tulisan. Sebenarnya sangat mudah kita pakai saja batunya menulsi ditembok (bercanda). Sebenarnya batu menjadi tulisan ini telah sering kali saya tuliskan. Saya memilih batu karena batu sering sekali didapatkan, yang berarti ide menulis bertebaran dimana-mana.

Singkat saja. Anda perhatikan sebuah batu, dan hubungkan dengan apa yang ingin anda tulis.

Contohnya anda ingin menulis tentang ekonomi. Batu memiliki nilai jial 3000/kilo. Dan memiliki prospek yang besar karena pembangunan semakin meningkat dan memerlukan batu. Dan seterusnya. Lihat anda tinggal menghubungkan maka jadilah sebuah atikel tentang batu.

Contoh lain tetnga kesehatan. Konon batu dapat menjadi media penyembuhan, ketika batu ditempelkan pada kulit maka akan menimbulkan ini... ini... dan itu... slahkan lanjutkan sendiri.

Bidang teknik. Ketika batu yang ada 1000 ton maka dapat dipakai untuk membangun 50 rumah. Ini akan dapat dipakai untuk konstruksi jalan sepanjang bla bla bla kilometer.
Pertanian. Batu-batu disawah harus dihilangkan karena dapat menggangu proses pertumbuhan akar tanaman....... teruskan.

Puisi. Dari sebuah batu kecil ini. Aku dapat membuat sebuah dunia. Sepertitetes hujang kecil. Yang menumbuhkan jutaan hutang belantara.

Cerpen. Adi langsung saja melempar batu itu kearah temannya. Dia seakan tak mempedulikan suara tangisan temanya itu.........

Kimia. Unsur batu adalah ....ini.... ketika dicampur dengan larutan ini. Maka batunya akan pecah. Hal ini disebabkan karena unsur yang ada dalam batu....................
Fisika. Batu yang memiliki massa..... dan berat..... akan melaju .....km/jam pada kemiringan...........

Goelogi, batu yang seperti ini..... adalah batu yang berada pada ketinggian ..................

Karena itulah dari sebiji batu kecil kita dapat melahirkan jutaaan artikel, bahkan jutaan buku. Itu baru sebuah batu. Jika batu bisa menghasilkan jutaan artikel, bagaimana jika kita hubungkan dengan jutaan benda lain.

Inspirasi batu ini, telah membuat saya mampu menulis ratusan artikel pendek.
Jadi apakah anda penulis kolom, blogger, pengarang novel, jurnalistik, ilmuan. Jangan khawatir tentang menulis. Banyak ide sedang berkeliaran kita hanya perlu menangkapnya .

dari batu menjadi buku. Apapun bisa kita tulis, apaun bisa kita jadikan ide. Menulis itu mudah jika kita tahu.
(S. Thariq Al Fatih). Artikel-No:-000070

Artikel Terkait:

1 komentar:

penulis content on Rabu, Agustus 25, 2010 mengatakan...

menulis memang membutuhkan kreatifitas yang tinggi, sebuah batu misalnya dengan sebuah kreatifitas bisa jadi novel yang panjang dan menarik.
tapi, susah juga tuh nulisnya...

Posting Komentar

 

asal pengunjung

mybloglog

asal pengunjung

free counters

tips menulis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie