Jumat, 21 Agustus 2009

Tips dasar untuk memulai menulis.


Sering kali kita kecolongan. kita merencanakan untuk selalu menulis tiap hari, tapi satu hari bahkan minggu berlalu tanpa satu pun tulisan yang jadi. Hal ini sering terjadi kepada penulis pemula yang belum bisa membiasakan dirinya untuk menulis.

Minggu minggu pertama saat memulai menulis adalah saat saat paling menentukan. Masa-masa inilah yang menjadi penentu apakah kita berhasil membiasakan diri menulis atau tidak. Sebut saja kita rajin menulis minggu-minggu pertama tapi minggu berikutnya tiba-tiba berhenti, maka hal ini sangat berbahaya. Bagi kebanyakan penulis pemula membutuhkan tenaga ekstra untuk kembali mengisi motivasi menulis setelah jeda satu minggu tadi.

Karenanya penting untuk dijaga kebiasaan menulis kita. Tidak perlu anda menuliskan 10 halaman sehari jika esoknya anda berhenti menulis. Jauh lebih bagus anda hanya menuliskan setengah halaman sehari, jika anda bisa membuatnya kontiniu.

Karenanya memang diperlukan manajemen walaupun hanya sederhana. Manajemen supaya kita dapat mengatur waktu kita supaya kita dapat menulis secara berkelanjutan di hari-hari berikutnya.

Berikut adalah tips-tips dasar yang bisa anda coba terapkan

1.. waktu yang menyegarkan

Waktu waktu segar ini adalah saat-saat palin tepat untuk membiasakan segalah sesuatu. Begitupun dengan menulis. Salah satu waktu-waktu segar adalah sehabis shalat subuh. Anda cukup meluangkan waktu 15-30 menit, di waktu inilah kita bisa menulis lebih cepat dari waktu yang lain.

Cobalah untuk memakai waktu ini sebagai waktu pamungkas untuk berlatih menulis. Selain subuh anda bisa cobah waktu sehabis tidur siang, atau sehabis shalat isya. Atau waktu-waktu kesukaan anda.

2.. tempat favorit

Ini adalah sesuatu yang perlu anda pertimbangkan. Pilihlah tempat yang bisa membuat ide kepenulisan anda mengalir lebih deras.

3.. segarkan pikiran

Jika kita memulai sesuatu dengan perasan tidak karuan maka kemungkinan hasil yang dihasilkan tidak bagus. Terlebih dengan menulis. Menulis memerlukan pikiran yang segar, sehingga dapat berfikir dan mengeluarkan ide-ide segar.

Jika anda lagi gelisah, cobalah untuk mendengarkan musik-musik yang menenangkan. Setelah pikiran segar tenaga baru akan datang untuk memulai menulis.

4.. buat pengingat

Pengigat ini tekadang pentin untuk kita terapkan. Siapa yang tahu keadaan kita satu atau dua hari kemudian. Jika kita lagi ndak minat maka habislah sudah.... kita kemungkinan besar lupa untuk menulis. Disitulah kemudian pentinggnya untuk untuk membuat sebuah pengigat.

Pengigat ini beraneka ragam. Apakan sebuah alarm, atau sebuah tulisan yang tertempel di dinding untuk menulis. Ataukan meminta teman untuk mengingatkan menulis. Dan banyak lainnya.

Tapi ingat anda harus menanamkan tekat untuk m,ematuhi pengingat anda.

===================

Ke empat poin diatas saya rasa cukup sebagai awal. Dalam bulan bulan berikutnya pasti lebih bayak cara yang dibutuhkan supaya dapat tetap eksist menulis. Tapi dalam perjalanan anda akan menemukan sendiri cara anda.

Anda bisa melihat tulisan selanjutnya untuk mengetahui lebih banyak tips tentang cara-cara menjadi penulis. Terima kasih

So. Selamat menulis

terkadang kita memerlukan sedikit penataan waktu yang tepat jika kita ingin hasil yagn lebih baik
(S. Thariq Al Fatih). Artikel-No:-000094

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

 

asal pengunjung

mybloglog

asal pengunjung

free counters

tips menulis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie