Selasa, 01 September 2009

Menulis Ulang Suatu tulisan.

Bagi pemulah yang ingin melatih kemampuan menulisnya. Ndak ada salahnya jika anda menulis ulang suatu tulisan.

Cobalah cari sebuah artikel. Sebaiknya artikel yang anda kuasai atau senang membacanya. Baca dan pahamilah keseluruhan isi dari artikel tersebt. Jika diperlukan bacalah berkali-kali artikel ersebut.

Setelah anda membaca. Tutuplah rapat-rapat artikel tersebut. Langkah selanjutnya tulislah kenmbali artikel tersebut. Tentu saja menggunakan gaya menulis anda sendiri.
Cara ini akan merangsang daya kepenulisan anda. Jika anda sering-sering melakukannya, suatu saat nanti anda akan dapat menulis pemikiran anda sendiri. Dalam artian tak perlu ada artikel atau artikel patokan. Anda akan langsung menulis apa yang ada dipikiran anda.

Ingat!. Yang diperlukan disini adalah keahliannya. Bukan bagus tidaknya tulisan.karna itu jangan menuntut untuk ‘sama’ dengan artikel patokan anda. Gunakan imajinasi anda, untuk membentuk ‘gaya’ kepenulisan anda.

***KEUNTUNGAN***

--- sudah ada ide dan alur tulisan.
--- anda tinggal menulis apa yang anda ingat.
--- melatih untuk menulis

***HIKMAH***

Jika kita terbisa menulis. Maka kata ‘sulit’ hilang dai mulut kita. Jika anda masih berkata ‘susah’. Berarti anda belum terbiasa.

***LANGKAH-LANGAKAH***

--- cari artikel.
--- baca artikelnya
--- tutup artikelnya
--- tulis artikelnya
--- pakai gaya kepenulisan anda sendiri
.
.
[S. Thariq al Fatih]. 1 Ramadhan 1430 H, 22 Agustus 2009 M.
No: 0000102

Artikel Terkait:

3 komentar:

Bellar on Rabu, September 02, 2009 mengatakan...

Numpang komentar ya.
Saya pun baru belajar menulis di blog.
Menurut hemat saya, menulis di blog dapat dikategorikan sebagai seni, bagaimana caranya agar para pengunjung tertarik membacanya.
Yang paling penting, selalu mencoba berpikir dari sudut pandang pengunjung, sehingga isi tulisan kita menarik dan bermanfaat bagi para pembaca.

thariq alfatih on Jumat, September 04, 2009 mengatakan...

menulis memang merupakan seni. terkait dengan menulis di blog, ada banyak motivasi seseorang menulisnya. ada karna ingin menyenangkan pengunjung, ada karna ingin meyebarkan sebuah ide, ada untuk uang, ada untuk cari pengalaman. dll
.
.
tapi apapun yang anda tulis, memang dibutuhkan tulisan yang menarik bagi pengunjung, karna percuma ide cemerlang, jika pembaca tidak memahami, atau menyenanginya. ide cemerlang kita akan diabaikan

penulis content on Minggu, Agustus 22, 2010 mengatakan...

tanpa tulisan yang menarik pengunjung akan hilang satu persatu.

Posting Komentar

 

asal pengunjung

mybloglog

asal pengunjung

free counters

tips menulis Copyright © 2009 Community is Designed by Bie